Senin, 15 Agustus 2011

DAUN

PENGERTIAN DAUN

Daun adalah suatu organ tumbuhan yang tumbuh dari suatu batang, umumnya mempunyai klorofil yang di gunakan untuk proses fotosintesis tumbuhan.Jadi daun merupakan organ terpenting dalam tumbuhan.Karena merupakan tempat pembuatan makanan dari Tumbuhan..


JENIS JENIS DAUN

Pada umumnya bagian daun yang paling kelihatan adalah helai daun.Bentuk helai daun dipengaruhi oleh susunan tulang daun. Berdasarkan bentuknya, tulang daun terdiri dari tulang dan menyirip, tulang daunmenjari, tulang daun sejajar, dan tulang daun melengkung.Tulang daun menyirip dapat dijumpai pada daun mangga, jambu,dan nangka. Tulang daun menjari banyak dijumpai pada daun singkong,papaya, dan ilalang.Berbagai jenis rerumputan memiliki daun dengan tulang daun bentuk menjari. Seperti daun tebu, jagung dan padi. Tulang dan melengkungdapat dijumpai pada daun tumbuhan sirih dan genjer.

CONTOH TULANG DAUN MENYIRIP


daun majemuk yang anak daunnya terdapat di kanan dan kiri ibu tangkai daun tersusun seperti sirip pada ikan. 

CONTOH TULANG DAUN MELENGKUNG
 
Bentuk tulang daun melengkung seperti garis-garis lengkung. Ujung-ujung tulang daun melengkung terlihat menyatu. Contohnya adalah daun sirih dan daun genjer.

 Fungsi

  • Tempat terjadinya fotosintesis.
pada tumbuhan dikotil, terjadinya fotosintesis di jaringan parenkim palisade. sedangkan pada tumbuhan monokotil, fotosintesis terjadi pada jaringan spons.
  • Sebagai organ pernapasan.
Di daun terdapat stomata yang befungsi sebagai organ respirasi 

ANATOMI DAUN

Anatomi daun dapat dibagi menjadi 3 bagian :
1. Epidermis
Epidermis merupakan lapisan terluar daun, ada epidermis atas dan epidermis bawah, untuk mencegah penguapan yang terlalu besar, lapisan epidermis dilapisi oleh lapisan kutikula. Pada epidermis terdapat
stoma/mulut daun, stoma berguna untuk tempat berlangsungnya pertukaran gas dari dan ke luar tubuh tumbuhan.
Bagian dari epidermis :

  • Kutikula berfungsi untuk untuk memperlambat perginya air dari daun, batang, bunga, buah, dan biji .Selain itu kutikula juga berfungsi untuk melindungi daun dari kerusakan mekanis.

Contoh gambar :




  • Xilem berfungsi untuk menyalurkan air dari akar menuju bagian atas tanaman. Xilem terdiri atas unsur-unsur sebagai berikut, Unsur trakeal terdiri dari trakea yang sel-selnya berbentuk tabung dan trakeid yang sel-selnya lancip panjang, dinding selnya berlubang-lubang Serabut Xilem yang terdiri dari sel-sel panjang dan ujungnya meruncing Parenkim kayu yang berisi berbagai zat seperti cadangan makanan, tannin dan Kristal.
contoh gambar :


  • Floem berfungsi untuk mengantarkan makanan dari daun menuju seluruh tubuh tanaman. Tetap hidup saat tua dan tetap hijau. Sel-sel floem biasanya berada di sebelah luar xylem. Dua sel yang pada umumnya terdapat pada floem adalah sel pengiring (companion cells) dan sel tapis (sieve cells). Sel-sel pengiring mempertahankan inti sel mereka dan mengontrol sel-sel tapis yang berdekatan. Makanan terlarut seperti sukrosa, mengalir melalui sel tapis ini.

-Stomata
Berfungsi sebagai organ respirasi. Stoma mengambil CO2 dari udara untuk dijadikan bahan fotosintesis, mengeluarkan O2 sebagai hasil fotosintesis.


Contoh Gambar :














-Palisade / jaringan tiang
Parenkim palisade terdiri atas sel – sel yang memanjang di sel –sel bulat dan pada bagian ini banyak terdapat ruang antar sel sebagai tempat pertukaran gas selama fotosintesis berlangsung.
contoh gambar :

-Spon / jaringan bunga karang
Disebut juga jaringan spons berfungsi sebagai tempat menyimpan cadangan makanan.

-Epidermis atas dan epidermis bawah
Jaringan ini terbagi menjadi epidermis atas dan epidermis bawah, berfungsi melindungi jaringan yang terdapat di bawahnya dan di atasnya.
Contoh Gambar :


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar